Pages

Wednesday 1 May 2013

Perbedaan Guarantee dan Warranty


                                   
Guarantee adalah jaminan kualitas dari penjual atau produsen atau pabrikan atas barang/jasa yang dijual. Apabila pembeli tidak puas atau jika barang/jasa tidak sesuai dengan yang diperjanjikan dalam masa tertentu maka penjual setuju untuk mengganti atau mengembalikan uang pembeli.

Dalam pengertian ini Guarantee bersifat menyeluruh dimana opsi yang diberikan oleh penyedia atas tidak tercapainya kualitas barang hanya dua mengganti barang atau uang kembali.

Warranty adalah jaminan perbaikan dan penggantian item atau bagian barang/jasa. Apabila pembeli tidak puas atau jika barang/jasa tidak sesuai dengan yang diperjanjikan dalam masa tertentu maka penjual setuju untuk memperbaiki dengan mengganti item atau bagian yang rusak.

Dalam pengertian ini Warranty bersifat parsial dan bisa disebutkan bagian dari Guarantee. Opsi yang diberikan oleh penyedia terhadap tidak tercapainya kualitas barang akibat kerusakan salah satu bagian barang adalah hanya penggantian bagian yang rusak saja.

Selain perbedaan diatas ada beberapa hal lagi yang membedakan antara guarantee dan warranty yaitu :
  1. Guarantee selalu tidak dibebankan pada harga jual barang/jasa karena diberikan oleh pabrikan. Sementara Warranty umumnya telah dibebankan pada harga jual. Semakin lama masa warranty maka harga barang juga akan semakin tinggi karena boleh dibilang warranty dijadikan indikator tingginya kualitas barang.
  2. Tidak seperti Guarantee yang diberikan oleh produsen/pabrikan, warranty biasanya disediakan oleh penjual retail atau distributor.
Salah satu implementasi Guarantee dan Warranty terlihat pada gambar berikut :
guarantee

Kesimpulannya, garansi adalah given dari pabrikan yang melekat pada barang yang dibuktikan dengan sertifikat. Sedangkan penyedia/penjual berkewajiban memberikan warranty atas item/bagian barang yang menjamin kualitas barang sesuai dengan yang diperjanjikan. Guarantee mengikat pada barang, warranty mengikat pada penyedia.

Ringkasan :
  • Guarantee selalu gratis. Sebuah Warranty menarik biaya sebagai kebijakan asuransi.
  • Guarantee adalah komitmen untuk membuat cacat yang baik dari produk atau jasa dalam suatu periode tertentu. Sebuah Warranty terlihat setelah memperbaiki daya dari sebuah artikel baru dalam masa berlakunya.
  • Guarantee adalah kontrak yang sah tanpa pembayaran. Sebuah Warranty yang diterima pada pembayaran juga merupakan instrumen hukum dengan mana penjual dapat dibawa ke buku.
  • Guarantee adalah tambahan pada hak-hak konsumen hukum. Warranty tidak mempengaruhi hak-hak di bawah tindakan konsumen.
  • Sebuah Guarantee berlaku tanpa pemberian garansi. Warranty adalah bebas pergi bersama-sama dengan jaminan yang dikeluarkan pada artikel yang sama.




Sumber :

No comments:

Post a Comment